Membuat Blog
08.30 | Author: Rully Maradona, S.Si

Sekarang blog adalah suatu media yang sangat membumi, dibelahan dunia manapun blog menjadi media internet yang memikat karena berbagai fungsi yang dimilikinya. Kita bisa mencari teman, download/upload file, berdiskusi, memuaskan hobby narsis kita, sampai dengan mencari uang dari blog yang akhir-akhir ini mulai populer. Dengan blog, kita sebagai pribadi juga ikut memberikan sumbangan pada dunia, tulisan kita bisa dijadikan pelajaran, bahan diskusi maupun bisa untuk dikritisi.

Media tidak lagi dikuasai suatu perusahaan pertelevisian dan cetak, bahkan informasi yang remeh-temeh pun bisa dipublikasikan dalam waktu sekejab dengan menggunakan blog. Tidak perlu menunggu persetujuan dari penerbit tertentu atau menjadi wartawan.

Dalam dunia ngeblog kita mengenal 2 macam blog yaitu blog yang nebeng di situs lain dan blog yang mempunyai hosting mandiri, sedangkan yang hosting mandiri ada yang hosting gratis dan hosting berbayar. Untuk yang hosting mandiri kita lanjutkan pembahasan di artikel berikutnya. Kali ini kita akan mencoba yang nebeng itu, khususnya blogspot.

Pertanyaanya adalah Mengapa kita nebeng di situs gratisan macam blogspot, multiply dan kawan-kawan? Selain karena kata “gratis” yang seringkali menjadi pertimbangan utama, ngikut di situs gratisan juga memudahkan para pemula untuk segera bisa mempublikasikan contentnya. di situs gratisan kita tak akan terlalu banyak pusing memikirkan hal-hal teknis yang biasa dihadapi blog berhosting mandiri. Kita tinggal mendaftar, siapkan content (tulisan, gambar, suara, video) dan abrakadabra dalam waktu singkat dunia melihat hasil karya anda.

OK deh tak perlu banyak cing cong kita langsung ke TKP saja. Pertama-tama kita perlu membuat account di blogspot dulu di https://www.blogger.com/ isi form yang mereka berikan pada anda. ada tiga step disitu. yang pertama adalah pembuatan account google, yang kedua memberi judul blog dan menetapkan alamat yang akan digunakan blog anda, dan yang terakhir memilih template yang akan digunakan. jika setelah mengisi form kamu kembali kehalaman yang sama, itu berarti terjadi kesalahan. perhatikan pertunjuk yang disediakan (tulisan berwarna merah)

jutaan orang dari seluruh dunia menggunakan blogspot sebagai tempat mereka ngeblog jadi untuk memilih nama blog anda sebaiknya gunakan yang seunik mungkin, jika perlu gunakan kombinasi huruf dan angka. Berhubung ini gratisan maka nama blog anda akan berupa subdomain. Misalnya, Bukan rully.com melainkan rully.blogspot.com

Nah sekarang blog anda sudah jadi, sekarang anda tinggal mempublikasikan content yang anda siapkan.

Pada saat awal blog anda jadi pengunjung yang datang mungkin akan sangat sedikit atau malah tidak ada sama sekali, ini hal yang biasa di dunia perngeblogkan. Untuk bisa mendapatkan banyak trafik pengunjung anda pelu belajar bagaimana mempromosikan blog anda.
This entry was posted on 08.30 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: